Taman Lalu Lintas Bandung

Taman Lalu Lintas Bandung, atau Taman Ade Irma Suryani Nasution, adalah tempat wisata anak di Bandung yang sangat edukatif. Program utama sesuai dengan visi, misi dan tujuannya adalah memberikan penyuluhan dan wawasan tentang rambu-rambu lalu lintas yang dikemas dalam sebuah arena wisata dan permainan yang menyenangkan, sesuai dengan moto nya “Bermain Sambil Belajar”. Tujuan utama adalah menumbuhkan sikap dan mental menjadi pribadi yang disiplin dan tertib lalu lintas sejak dini, karena lalu lintas adalah bagian dari kehidupan modern yang dilakukan setiap hari.

Taman Lalu Lintas, merupakan kawasan hijau yang menjadi paru-paru Kota Bandung. Oleh karena itu, area sekitarnya sangat nyaman dan asri, dengan udara yang sangat sejuk. Taman ini berdiri pada tahun 1956-1958 oleh perkumpulan BKLL ( Badan Keamanan Lalu Lintas) Cabang Bandung, dan diresmikan pada tahun 1965. Dahulu, namanya adalah Insulide Park, kemudian berubah menjadi Taman Nusantara dan akhirnya sampai sekarang menjadi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, sesuai dengan nama yayasan yang mengelolanya.

<b>Taman-Lalu-Lintas-Bandung</b>Selain di jadikan taman, tempat ini juga dijadikan tempat belajar khususnya bagi anak-anak untuk mengenali rambu-rambu lalu lintas. Taman lalu lintas ini memang salah satu tempat yang cocok dan tepat untuk belajar cara berlalu lintas yang baik dan benar. Selain itu taman lalu lintas Bandung sangat luas dan disekitarnya terdapat pohon-pohon dan tempat duduk tempat beristirahat bersama keluarga anda.

Dari tahun ke tahun angka kecelakaan khususnya motor semakin meningkat, itu dimungkinan karena tidak tahu aturan lalu lintas dan tidak tertib lalu lintas. Untuk itu, para orang tua wajib mengenalkan rambu-rambu lalu lintas sejak dini, hal ini bisa dilakukan oleh orang tua dengan cara yang sederhana yaitu mengenalkan gambar rambu-rambu lalu lintas. Selain itu di sekolah pun anak-anak wajib di ajarkan cara berlalu lintas dengan kegiatan ekstra kurikuler yaitu cara berlalu lalu lintas lewat pendidikan anak.

Kegiatan tersebut memang cocok untuk membentuk karakter anak-anak supaya taat berlalu lintas. Dengan cara ini anak-anak akan tahu tentang bahayanya berlalu lintas maka dengan itu anak-anak wajib untuk mempelajari cara berlalu lintas supaya terbentuk karakteristik taat berlalu lintas. Dan alangkah baiknya apabila program-program seperti ini masuk ke kurikulum pendidikan untuk menekan angka kecelakaan.

Taman Lalu Lintas selain tempat wisata, tempat ini juga secara tidak langsung untuk mengenalkan cara berlalu lintas dengan baik dan benar kepada para pengunjung agar generasi muda khususnya sadar dan mampu menerapkan sikap disiplin dalam berlalu lintas. Selain itu, para pengunjung juga sadar akan bahayanya apabila melanggar tata tertib lalu lintas dan senantiasa merubah kebiasaan-kebiasaan buruk dalam berlalu lintas supaya kecelakaan berlalu lintas dapat dihindari.

Taman lalu lintas Bandung selain wahana belajar, juga menawarkan berbagai permainan khusus anak-anak seperti kereta api mini, Play ground, kolam renang, kolam pancing, arena sepeda mini, ayunan, baterai car, flying fox anak-anak, flying fox dewasa, Kereta Api Mini TLL, kerosel, kerosel anak, dan panggung terbuka. Berlibur di taman lalu lintas Bandung bersama keluarga tidak akan terlupakan karena permainan disini tidak seperti permainan di tempat lain karena di lengkapi dengan peraturan lalu lintas, misalnya naik sepeda mini di trak yang sudah disediakan dan dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas. Begitu juga dengan permainan lainnya.

Alamat dan Lokasi
Jalan Belitung, Nomor 1, Sumur Bandung,  Bandung, Jawa Barat.

Tiket Masuk
Tiket masuk untuk setiap permainan berkisar antara 2.000 – 4.000 rupiah.

Informasi Penting:
Bagi panti asuhan yang ingin membawa anak-anaknya, Yayasan Taman Lalu Lintas (AISN) membaskan seluruh biaya tiket dan akomodasi. Mohon untuk menghubungi petugas yayasan terlebih dahulu.

Salam Wisata Bandung dan dapatkan informasi terbaru tentang Tempat Wisata di Bandung selanjutnya.


Tempat Wisata di Bandung Updated at: 9:12 PM

0 komentar:

Post a Comment

Bagaimana pendapat anda tentang informasi wisata di atas ?