Curug Cinulang Bandung

Curug Cinulang Bandung

Curug Cinulang Bandung

adalah salah satu tempat wisata air terjun yang berada di Bandung bagian timur. Secara administratif, air terjun Cinulang berada di wilayah Kabupaten Sumedang, yaitu desa Cidulang Kecamatan Cimanggung. Walaupun demikian, sebagian area nya terletak di wilayah Kabupaten Bandung, yaitu daerah Tanjungwangi Cicalengka. Selain menawarkan wisata air terjun, Cinulang merupakan pilihan alternatif wisata alam di Bandung. Kawasan Curug berada di hutan Gunung Masigit, salah satu hutan lindung yang berada di Jawa Barat. Keindahan pemandangan pegunungan lengkap dengan air terjunnya, memberikan suasana yang nyaman dan tenang jauh dari kebisingan serta hiruk-pikuk keadaan perkotaan.
Karakter serta keadaan Curug Cinulang Bandung termasuk sangat unik, yaitu memiliki dua buah air terjun kembar yang saling berdampingan. Tinggi air terjun sekitar 50 meter, dan salah satu air terjun memiliki debit yang lebih deras. Tampak dari jauh terdengar suara gemuruh air, disertai pembentukan pelangi yang dihasilkan oleh percikan air terjun yang terkena cahaya matahari, sehingga terlihat sangat indah.

Bagi masyarakat Bandung & Sumedang, Cinulang merupakan air terjun yang sangat terkenal. Berawal dari sebuah mitos yang konon barang siapa yang datang seorang diri ke tempat ini maka dia akan segera mendapatkan pasangan, begitu pula sebaliknya. Barang siapa yang membawa pasangan, maka dia akan segera berpisah. Beredarnya mitos ini membuat banyak orang penasaran ingin berkunjung dan melihat langsung seperti apa Cinulang. Apalagi, Nama Cinulang sekitar tahun 90-an adalah masa kejayaan objek wisata ini. Seorang seniman Sunda Yaya Kermit membuat lirik dan lagu “Curug Cinulang” yang dibawakan secara syahdu, membuat lagu ini dikenal dan diingat oleh seluruh masyarakat Jawa Barat. Belum sampai disitu, lirik lagu ini pula di gubah dan menjadi lebih populer oleh “Darso” yang juga seorang seniman Sunda yang sangat kondang. Lagu ini pernah menjadi tren senter yang sering dibawakan di setiap acara, ditayangkan di berbagai televisi dan radio daerah. Nama Objek wisata dan lirik lagu Curug Cinulang menjadi sebuah legenda bagi masyarakat.

Salah satu yang unik dari penggalan lirik lagu yaitu terdapat pada bait:
“DI Curug Cinulang, Batin ceurik balilihan, Numpang kana panghareupan, Cinta urang mugi asih papanjangan”.
Lagu ini seolah-olah ingin manyampaikan dan menepis sebuah mitos yang telah ada dan beredar di kalangan masyarakat.
Tiket Masuk Curug Cinulang
Harga tiket masuk menuju Cidulang Rp.5000,- / orang. Parkir kendaraan bermotor Rp.2000 – Rp.5000. Sebagai iniformasi, karena lokasinya berada di dua wilayah desa kecamatan dan kabupaten, maka pengelolaannya dan hasil penjualan tiketnya dikelola oleh dua daerah tersebut. Oleh karena itu, bagi para wisatawan yang masuk melalui jalur tiket pintu barat, maka anda akan melalui desa Tanjung Wangi Kabupaten Bandung, dan apabila melalui jalur tiket pintu timur maka akan melalui Desa Cidulang, Kabupaten Sumedang.
Fasilitas Wisata Curug Cinulang
Beberapa fasilitas utama yang ada di tempat ini antara lain:
  • 40 Warung makanan dan minuman
  • 1 lokasi area parkir
  • 1 unit WC umum
  • 2 Pintu gerbang tiket (pintu gerbang barat dan timur)
  • Petunjuk arah
  • Mushola
  • Pusat informasi
  • Kios Cendramata khas Cinulang
  • Shelter dan bangku (tempat duduk dan santai)
  • Tempat Bermain Anak-anak
  • Area Piknik
  • Pos keamanan
  • Tempat Bilas pakaian
  • Penginapan sekitar objek wisata

Alamat Curug Cinulang Bandung
Jalan Raya Cicalengka-Garut KM 11, Desa Cidulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat – Indonesia.

Aksebilitas

Berwisata ke Air Terjun Cinulang, dari pusat kota Bandung sekitar 38 km ke arah Bandung bagian timur / Kabupaten Bandung yaitu daerah Cileunyi dengan estimasi waktu 1 jam 30 menit. Bagi para wisatawan dari luar Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang, anda dapat menggunakan jalur Tol Cipularang (bagi wisatawan dari arah Jakarta & Purwakarta), atau jalur tol Padaleunyi (bagi wisatawan dari arah Cianjur). Kedua jalur jalan tol ini menuju pintu tol Cileunyi. Kemudian dilanjutkan menuju arah Jalan Cicalengka-Garut dengan jarak sekitar 11 km, dan tepat di sebelah kiri terdapat tanda berupa papan nama objek wisata air terjun Cinulang. Dari pinggir jalan, jarak menuju air terjun masih 3 kilo meter lagi menuju arah timur. Akses jalan raya sangat bagus, namun para wisatawan harus sedikit berhati-hati karena ada beberapa tikungan, tanjakan dan turunan yang cukup curam. Setelah tiba di tempat parkir wisata, anda harus masih berjalan sekitar 100-150 meter. Walaupun harus berjalan kaki, rasa lelah akan segera terobati oleh keindahan alam dan air terjunnya.

Bagi para backpacker, anda dapat menggunakan kendaraan umum jurusan Cicalengka >> Sidulang >> Sindang Wangi atau menggunakan jasa Ojeg menuju area wisata. Dari Kabupaten Sumedang, ada jalur alternatif yaitu melalui jalan Parakan Muncang yang nantinya akan terhubung ke Jalan Raya Cileunyi-Cicalegka. Kemudian belok kiri ke arah Jalur Rancaekek-Garut.Objek Wisata terdekat:

Hotel dan Akomodasi Penginapan:

Kategori: Tempat Wisata di Bandung / Wisata Alam / Wisata Air Terjun.